Jumat, 31 Juli 2009

BPOM Temukan Peralatan Berbahan Melamin yang Berbahaya

Sebanyak 30 peralatan makan melamin yang dijual dan beredar di masyarakat ternyata positif melepaskan formalin. Peralatan itu terdiri dari piring, mangkok, gelas, sendok, garpu, centong nasi, dan centong sayur. Produk tersebut antara lain mangkok dengan tulisan Melamine Ware Made in China, V651-83, H.K. Melamine No. 889, Piring Melamine Ware T-109, Sendok Made In China No. 2117, Gelas Sayota Melamine Ware, dan Sendok Nasi Melamine Ware. Produk-produk tersebut, karena sebagian besar berasal dari China. Umumnya peralatan tersebut buatan China dan yang lain lokal. Merk lokal yang dimaksud adalah Mei Shing dan ADS.
Temuan di atas berdasarkan pengujian laboratorium terhadap 62 sampel peralatan makan melamin. Sampel didapat di Jakarta, yaitu pasar Jatinegara, Mangga Dua, Jembatan Lima dan beberapa supermarket.
Produk tersebut berbahaya, karena ketika peralatan melamin itu ditaruh makanan berair dan berasa asam maka akan melepaskan formalin. Zat yang bisa menyebabkan kanker dan batu ginjal,terutama makanan berair tersebut panas. peralatan ini masih bisa dipakai tapi jangan untuk makanan berair dan mengandung asam,

http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/06/01/12544281/bpom.temukan.peralatan.berbahan.melamin.yang.berbahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar